Kamis, 03 Oktober 2013

Ciri-ciri Organisasi

               Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
               Jadi dapat di bilang organisasi itu adalah tempat di mana beberapa orang berkumpul di suatu tempat untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama.Adapun dalam organisasi itu sendiri memiliki ciri-ciri untuk membuat sebuah organisasi,berikut adalah ciri-ciri dari organisasi.


Ciri-ciri organisasi
1.  Mempunyai tujuan dan sasaran
 suatu organisasi harus memiliki sebuah tujuan tertentu,dan tanpa adanya tujuan maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan seberapa banyaknya orang yang berkumpul.

2. Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus di taati
 Dalam suatu organisasi harus ada keterikatan format,maksudnya meskipun kegiatan yang di lakukan dalam organisasi berbeda-beda tetapi antara yang satu dengan yang lain saling berkaitan yang merupakan bagian dari suatu kegiatan dan juga di dalam organisasi harus ada tata-tertib yang di berlakukan karena jika tidak ada tata tertib semua orang dalam organisasi itu akan lepas kendali dan lebih mementingkan keputusan sendiri di bandding dengan keputusan bersama.

3.  Adanya kerja sama dari sekelompok orang
Di poin ini meskipun ada lebih dari satu orang yang tergabung dalam suatu organisasi kerja sama merupakan hal yang terpenting,meskipun ada beberapa orang yang dapat menyelesaikan sesuatu sendiri namun dengan adanya kerja sama maka masalah itu akan lebih cepat selesai,seperti tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusi berupa: pemikiran, tenaga, dan lain-lain.


4. Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang
Koordinasi tugas juga merupakan poin penting dalam suatu organisasi,ika suatu pekerjaan tidak di koordinir maka pekerjaan itu akan berantakan dan butuh waktu lama untuk di selesaikan,begitu juga wewenang setiap orang mempunyai wewenang untuk menyampaikan pendapatnya.


5. Adanya suatu kelompok orang yang dapat di kenal dan saling mengenal 

 memang benar dalam suatu organisasi banyak orang yang berkumpul untuk mencapai suatu tujuan,dan tidak mungkin dalam suatu organisasi itu tidak ada yang tidak saling kenal,karena jika sudah saling mengenal maka tiap orang tau akan kemampuannya sendiri dan jika tidak ada yang di kenal maka harus berusaha untuk mengenal orang lian agar mempermudah pekerjaan dala organisasi itu.


Dan salah satu contoh dari organisasi adalah pada BAKTI SOSIAL.
pada bakti sosial tersebut memiliki suatu tujuan yaitu untuk membantu masyarakat yang bisa di bilang dalam kehidupan sehari-harinya tidak mencukupi atau bisa di bilang untuk makan sehari-hari saja pas-pasan.
Dan dalam bakti sosial ini para anggotanya akan memikirkan apa yang akan di berikan,bagaimana mencari dana, siapa yang berhak untuk mendapat bantuan, dan tempat yang akan di gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar